23 September 2011


Beberapa hari ini, saya sering melihat teman-teman di jejaring sosial facebook asik sekali main kuis di situ. Namanya “Kuis Temperamen”. Kuis ini menjelaskan tentang 4 kepribadian manusia, yaitu sanguinis, melankolis, koleris, dan plegmatis. Apa artinya? Baca di sini .

Saya penasaran. Ingin ikut-ikut coba kuis temperamen itu. Entah hasilnya itu akurat atau nggak, yang penting senang, kan? Toh facebook kan juga digunakan untuk bersenang-senang, selain mencari teman. 

Finally, malam ini saya mencoba. Dengan speed internet yang ngajak berantem, saya masuk ikut kuis temperamen. Dan hasilnya adalah…….

Saya termasuk orang yang MELANKOLIS.  Bagaimana orang yang mellow itu? Baiklah, saya akan mencoba menjawab apa saja yang dijelaskan kuis ini.

Menurut kuis ini, orang yang melankolis adalah orang yang memiliki rasa seni yang tinggi (sepertinya begitu), kemampuan analitis yang kuat (mungkin), perfeksionis (sepertinya tidak), sensitive (benar), berbakat (sepertinya begitu), dan rela berkorban (mungkin).  Perasaan sangat berpengaruh pada kepribadian sosok melankolis.  Seorang yang melankolis adalah seorang yang introvert (benar), tapi apabila sedang dalam puncak sukacita, bisa saja menjadi amat ekstrovet (benar).

Bingung apa itu Introvert dan Ekstrovet? Introvet itu tertutup, Ekstrovet itu terbuka.

Saya lanjutkan ya…

Pribadi yang sangat prefeksionis (sepertinya tidak) cenderung membuat si melankolis cenderung sering menyalahkan diri sendiri (mungkin) dan menjadi rendah diri (mungkin). Padahal si melankolis adalah seorang yang memiliki daya analitik yang hebat (mungkin) yang mampu memperhitungkan bahaya, halangan dalam setiap proyek secara akurat. Perasaan seorang melankolis yang peka (sepertinya begitu) dan sensitive (benar) juga dapat membuat para melankolis jadi pendendam (sepertinya tidak) dan sering terlihat murung (sepertinya tidak). Seorang yang melankolis cenderung memilih pekerjaan yang membutuhkan pengorbanan dan ketekunan (Nggak lah, saya juga memperhitungkan honornya berapa :P). Seorang melankolis, sekali memilih sesuatu maka akan tetap SETIA (BENAR)  mengerjakannya. (yup, saya seorang yang setia lho..).

Itu penjelasan yang diberikan Kuis Temperamen di facebook. Dan kata yang ada di dalam tanda kurung plus bold, itu jawaban saya. Iya nggak ya? Saya rasa begitu.
Menurut kamu? Adakah jawaban saya yang melenceng dari kenyataan? Terserah. Saya tetap bersenang hati bagaimana pun saya, dan bagaimana pun kamu memandang saya. ^^


Thanks for being my friend!!!!

Tagged: ,

14 comments:

  1. Like this posting....saya sendiri juga melankolis kombinasi dengan koleris...creepy does it?

    ReplyDelete
  2. Oh yeah, tes yang saya jalani di SMA dan pas awal kuliah menunjukkan saya melankolis-plegmatis. :)

    ReplyDelete
  3. sekedar Referensi aja.
    Kuis itu diambil dari sebuah buku yang sangat populer, dalam versi indonesia judulnya "PERSONALITY PLUS" karya "Florence Littauer" dari buku itu tujuan utamanya adalah mempermudah cara kita dalam berinteraksi dgn empat karakter dasar tsb, dibuku itu kita diajari bagaimana solusinya menghadapi orang type sanguinis, melankolis, koleris, dan plegmatis. buku ini sangat bagus bagi orang2 yg sering berinteraksi dgn banyak orang, jika tertarik silahkan obrak-abrik toko buku terdekat, hehehehe... kok jadi promosi...,

    ReplyDelete
  4. huauahaa..
    pada rame ikutin kuis2 ini yak difacebook :D

    sep deh.melankolis gak masalahkan :)

    ReplyDelete
  5. @mbak ria: ih ih, melankolis juga ternyata ya? melankolis koleris itu gimana ya?


    @kang Asop: kok saya pas SMA nggak ada begituan ya?? wah..wah..., same question, melankolis-plegmatis itu gimana?

    @mas Insan: wewww, punya bukunya mas?

    @Uchank: hu um pada rame. mangkannya jadi pingin nyoba, ternyata melankolis katanya :D

    ReplyDelete
  6. Hahaha aku coba deh ikutin kuis ini, siapakah diriku sebenarnya haha

    ReplyDelete
  7. iyaaaaa, cari tau siapa kamu sebenarnya!!! \m/

    ReplyDelete
  8. pantesan dari kemaren2 rame banget di wall sama gambar2 itu. hehehe..
    saya apa ya? kayaknyaaaaa.. melankolis jg deh :D

    ReplyDelete
  9. Iyaaa, rameeeeeeee banget, mangkannya bikin penasaran!!!

    ayo coba Irmaaaaaaaa \m/

    ReplyDelete
  10. dari apa yg disebutkan, hebat ya jadi melankolis.. :D

    aku termasuk apa ya :D

    ReplyDelete
  11. huwahahahahaha *ketawa setan**

    hebat kah? makasi lho... :P

    ReplyDelete
  12. wqwq yang terakhir nggak nguatin~~ gue orang setia lho.. cukup tau

    ReplyDelete
  13. wah, kayaknya sangat berbeda dengan saya, saya tergolong sanguinis :)

    salam

    ReplyDelete

Monggo berkomentar, ditunggu lho.. ^_^