08 June 2011



Saya rasa bukan suatu hal yang berlebihan jika seorang manusia ingin dihargai, meski orang itu hanyalah seorang anak muda atau bahkan anak kecil. Mengapa? Karena pada dasarnya semua orang memang ingin dihargai.

Semua orang butuh teman. Mereka ingin memiliki tempat untuk berbagi, entah kesedihan atau mungkin kebahagiaan. Dan harta, kekayaan, atau jabatan, bukanlah jaminan untuk mendapatkan teman. Mungkin ketika kita kaya, orang lain akan begitu hormat, namun bukan semata-mata karena “kita”, tapi karena kita kaya. Lain halnya jika kita baik pada orang, maka orang lain akan menghargai diri kita, apa adanya diri kita. Meski kita tidak bergelimang harta, atau bertahtakan mahkota raja (jabatan).

Taukah kamu? Ada beberapa cara menghargai yang sering kali kita lupakan, mungkin kita menganggapnya itu adalah hal sepele, namun itu berarti.

Hanya dengan mendengarkan seseorang berbicara saja, dia sudah merasa dihargai karena apa yang dia katakan mendapatkan sedikit perhatian. Jangan lupakan kata-kata terimakasih setiap kali ada orang yang memberikan bantuan pada kita. Entah bantuan itu kecil atau besar. Kata-kata terimakasih juga membuat seseorang merasa dihargai karena dia bisa bermanfaat untuk orang lain.

Memperhatikan ketika nama kita dipanggil, juga merupakan suatu bentuk penghargaan bagi mereka yang memanggil. Asal jangan setiap dipanggil orang kita langsung jawab, lihat dulu siapa orangnya, harus cukup waspada. Siapa tau dia berniat lain. Hehe

Memasang wajah yang enak dipandang juga termasuk bentuk menghargai. Karena kasihan orang yang melihat wajah lesu kita, padahal dia tidak ada sangkut pautnya dengan apa yang kita hadapi.

Jadi mari belajar menghargai. Karena mungkin uang adalah alat untuk menukar harga, namun untuk menghargai bukan uang yang digunakan, namun sikap kita.

Tagged: , ,

0 comment:

Post a Comment

Monggo berkomentar, ditunggu lho.. ^_^