07 January 2011


Tidak biasanya saya browsing iklan-iklan commercial Indonesia di You Tube, tapi sepertinya malam ini hati saya terpanggil untuk mendownload iklan-iklan yang menurut saya bagus. Mulailah saya mengetik key word di search link You Tube “Iklan Susu di Indonesia”. Banyak TVC produk susu yang keluar, dan semua rata-rata adalah susu untuk anak.
Awalnya saya hanya ingin mendownload untuk tontonan pribadi, karena beberapa yang saya download tergolong iklan yang lucu dan menarik. Tidak hanya download, tiba-tiba ada hal yang menarik perhatian saya, agency iklan.
Dari empat iklan yang saya download, ada tiga iklan yang menyertakan Agency pembuat iklan, yaitu Y & R, WPP, dan Ogilvy Action. Saya asing dengan nama agency-agency itu, tapi saya yakin, pasti mereka agency bonafit, karena iklan-iklan yang dihasilkan memang menarik.
Ternyata memang benar, Y & R, sebuah agency iklan nomor satu di United State, memiliki 186 kantor di 90 negara ( http://www.yr.com ), kemudian WPP, sebuah agency iklan yang berada di London, United Kingdom (http://www.wpp.com ), yang terakhir Ogilvy Action, sebuah agency iklan yang memiliki 82 kantor di 61 negara (http://www.ogilvyaction.com ). Dari beberapa portofolio yang saya lihat, mereka memang agency-agency terpilih untuk membuat sebuah marketing communication yang eye catching.
Mereka bukan agency sembarangan. Hasil iklannya bagus, bukan kacangan. Namun sangat disayangkan, mengapa beberapa perusahaan di Indonesia lebih memilih agency iklan luar negeri dari pada agency iklan negeri sendiri. Mungkin karena alasan tidak mau rugi, dan benar-benar mencari yang terbaik guna pemasaran produk mereka. Bukankah terbaik itu bukan berarti harus lari ke luar negeri??
Sebenarnya banyak agency iklan yang bagus di Indonesia, jika mereka (perusahaan produk) mau melihat, mendengar, dan mencoba). Namun sayang, mereka terlalu buru-buru. Karya anak bangsa sendiri di abaikan. Padahal jika mau, mereka bisa mendapatkan yang terbaik di negeri sendiri.
Dibawah ini beberapa iklan yang menggunakan Agency di atas:
( iklan Morinaga Platinum - Versi Cita - Cita Chila / judul: I wanna be a doctor)



( Iklan SGM Eksplor 3)

sumber: You Tube

Tagged: ,

2 comments:

  1. misi gan mo nanya..?? nama ank kecil pemeran "Cilla" sapa ya???

    ReplyDelete
  2. Kalo asli nya Cilla saya juga kurang tau sih, tapi anaknya memang lucu ya :D

    ReplyDelete

Monggo berkomentar, ditunggu lho.. ^_^