11 March 2012


(Photo. pend.blogdetik.com)
Nama. Biasanya seseorang memberikan nama  dengan tujuan agar mudah untuk mengingatnya atau mungkin untuk pembeda dari yang lain.

Jadi, tentu saja nama itu penting sekali.

Jika ada orang yang mengatakan, “Apalah arti sebuah nama?”, wah wah, berarti bisa diperkirakan bahwa mungkin orang yang bilang begitu, dia tidak punya nama. Lha nama saja tidak berarti apa-apa bagi dia.

Nama, jelas sangat penting adanya. Setiap orang memberikan nama dengan maksud masing-masing. Sama seperti ketika orangtua menghadiahkan nama pada buah hatinya, pasti mereka memiliki maksud tertentu kenapa anak tersebut diberi nama A atau B. Yang pasti maksud dibalik nama itu baik. Misalnya saja Satriyo, Budi, Bagus, Eka, Hakim, Bunga, Putri, Annisa, Prima, Sekar, Arum, dan masih banyak lagi. Nama-nama indah, dengan tujuan agar putra-putrinya menjadi orang-orang yang baik pula.

Tidak perlu jauh membicarakan soal nama anak. Bagi yang masih single, pemberian nama juga pasti memiliki maksud tertentu. Misalnya, bagi para blogger. Sudah pasti mereka memberikan nama untuk masing-masing blognya. Dan sudah dipastikan juga, nama-nama tersebut bukanlah nama yang asal-asalan dipilih.

Seperti halnya blog saya. Blog saya ini sudah beberapa kali ganti nama, dan sampai akhirnya saya jatuh hati dengan nama Catatan Mini. Nah, mengapa saya pilih nama Catatan Mini? Kalau tentang itu, kawan-kawan bisa baca di sini. Disitu saya ulas tentang Catatan Mini.

Contoh lainnya. Kawan-kawan blogger pasti banyak dong menjumpai toko-toko dengan nama-nama yang memiliki arti ‘WAH’, ‘SUPER’, dan ‘SPEKTAKULER’. Sebut saja, Giant Hypermart, Hero Supermarket, Makro, Matahari, Ramayana, dan masih banyak lagi. Giant, Hero, Makro, Matahari, dan Ramayana, nama-nama itu memiliki pengertian besar dan terkenal. Giant dan Makro berarti besar, kenapa nggak dinamakan Mikro? Ya tentunya karena berharap usaha tersebut akan bertambah besar. Hero artinya Pahlawan, mungkin saja mereka ingin menjadi Pahlawan untuk para customernya. Matahari, bukankah matahari ada benda langit yang besar dan memberikan kehidupan bagi manusia, sama seperti itu mungkin maksud toko ini, dan terkahir Ramayana, sekarang saya ingin tanya, siapa yang tidak tau tokoh pewayangan Ramayana? Nggak ada kan?

Itulah kenapa mereka memberi nama. Atau mungkin ada usaha-usaha kecil yang diberi nama UD Barokah. Ya jelas kalau itu, mereka berharap usaha yang dijalankan itu mendapatkan barokah dari Allah SWT.

Dan masih banyak lagi nama-nama baik yang diberikan untuk tujuan yang baik pula.

Jadi masihkah berkata, “Apalah arti sebuah nama?”

Kalau kamu, Apa arti sebuah nama untuk kalian?

Tagged:

1 comment:

Monggo berkomentar, ditunggu lho.. ^_^