26 December 2011

(Photo: penulisanita.multiply.com)
Lan Fang,penulis novel Perempuan Kembang Jepun, meninggal. Saya belum sempat baca karyanya, sayang sekali. Beberapa hari lalu,saya membaca tweet seorang penulis, yang mengatakan bahwa Lan Fang sedang sakit, dan kemarin 25 Desember 2011, saya dengar dia meninggal dunia. Kematian memang sungguh dekat.

Saya jadi ingat, pada April 2009 lalu, ketika saya tengah magang menjadi wartawan di salah satu Koran di Surabaya. Saya sempat bertemu dengan Lan Fang di sebuah kampung baca di perkampungan kumuh dekat daerah Kapasan, Surabaya. Saat itu, semua anak dari tempat itu dikumpulkan, kemudian diminta untuk menulis. Ada yang membuat puisi, ada yang mengarang. Pokoknya banyak. Asal mereka menulis, mengenal buku dan tulisan.

Lan Fang berada di sana. Memperhatikan satu per satu anak yang menulis. Memberikan motivasi kepada setiap anak di sana untuk tidak bosan membaca dan menulis. Dengan SEMANGAT membara, Lan Fang meminta anak-anak tersebut membacakan hasil tulisan mereka di depan semua temannya.

Lan Fang sangat peduli dgn kegiatan gemar membaca. Apalagi pada mereka yang kurang beruntung. Sangat disayangkan, waktunya habis lebih cepat. Andai lebih lama.

Namun saat itu saya hanya sempat melakukan wawancara dengan Lan Fang. Tidak sempat berfoto bersama. Ah, jangankan berfoto, membaca karyanya saja saya belum sempat.

Lan Fang, karyamu akan tetap ada.

(Photo: annuqayah.blogspot.com)
 Lan Fang (5 Maret 1970 - 25 Desember 2011)

Tagged: ,

4 comments:

  1. Baru kenal malah sob..maklum jarang baca novel-novel

    ReplyDelete
  2. samar-samar sempet denger nama itu....
    sayang yah, seorang yg peduli dengan kegiatan gemar membaca dan menulis, cepat berpulang....

    ReplyDelete
  3. Kembang Jepun? Sekarang daerah Kembang Jepun di Surabaya kalo malem masih ada sentra PKL makanan?

    ReplyDelete
  4. saya juga baru pertama kali dengar namanya :D

    ReplyDelete

Monggo berkomentar, ditunggu lho.. ^_^