25 April 2011

google.com

Kita manusia sering sekali dihadapkan pada masalah-masalah duniawi. Mulai dari masalah materi, cinta, hubungan dengan orang disekitar, dan masih banyak lagi. Reaksinya pun bermacam-macam. Ada yang tetap sabar dan terus berusaha disertai dengan berdoa, ada juga yang tak henti-hentinya mengeluh, ada yang hanya memikirkan namun tidak melakukan apa-apa, ada juga yang memilih jalan pintas yaitu mengakhiri hidup, menganggap bahwa setelah hidupnya selesai, maka tidak akan ada masalah lagi. Sungguh manusia yang tidak bertanggungjawab.

Sebagai manusia biasa, wajar saja jika mengeluh ketika ada musibah yang menimpa. Namun sebagai manusia yang berfikir, seharusnya mau merenungkan apa maksud dari semua yang terjadi, apa hikmah yang bisa diambil dari situ.

Kadang manusia tidak ingat sama sekali tentang hal itu. Kita disibukkan dengan berbagai macam pikiran negative buatan sendiri yang tidak menentu, bahkan terjebak di dalamnya sehingga membuat hidup ini terasa semakin berat. Ketika hidup terasa semakin berat maka pikiran juga akan semakin sempit, kemudian diikuti dengan hati yang tak lapang. Sungguh tersiksa jika berada dalam keadaan seperti itu. Semua yang ada disekitar adalah salah, tidak jalan keluar, semua jalan buntu. Dan kita tetap ditempat.

Namun berbeda jika kita mau berusaha sekeras mungkin dan berserah diri pada sang Penguasa Hidup. Dia telah mengatur semuanya tanpa terkecuali, sedetil-detil rencana manusia, rencana Nya akan lebih detil dan pasti terbaik. Semua yang ada di dunia ini milik Nya termasuk kita, maka kita kembalikan semuanya pada Dia.

Tak perlu kita terus melampiaskan amarah secara berlebihan, dengan dalih untuk menghibur diri, toh semua itu tidak akan menyelesaikan masalah. Menangis, mengeluh, tidak terima, kecewa itu wajar, itulah manusia normal. Namun tak akan baik jika selamanya seperti itu.

Coba minta petunjuk-Nya, dekatkan diri pada-Nya, mengeluhlah pada-Nya, curhat saja pada-Nya, maka semua masalah hidup akan aman terjaga rahasianya. Memikirkan jalan terbaik untuk menyelesaikan permasalahan hidup melalui diskusi dengan sang Khalik akan lebih terasa nyaman. Dan alangkah lebih baik jika kita menghindarkan diri dari pikiran-pikiran negative yang membuat segalanya menjadi bertambah sempit. Sungguh, Allah tidak akan pernah memandang sebelah mata usaha hambanya. Dan ketika kita mau berusaha untuk mengubah nasib maka Allah akan mengubahnya sesuai dengan apa yang terbaik untuk kita.

Jadi bagi kawan yang sedang dirundung kesulitan, kesedihan ataupun kesusahan. Sabar dan tetap tawakal, percaya saja Allah tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan hambanya. Dan tenang, semua yang memang menjadi hak kita pasti tidak akan terlewatkan. Bahkan makhluk terkecil pun di dunia ini, sudah diatur segalanya. Tinggal bagaimana kita menjalani dan apa yang bisa kita dapatkan dari situ.

Karena hidup itu tentang apa dan bagaimana.


Sidoarjo, 25 April 2011

Tagged:

0 comment:

Post a Comment

Monggo berkomentar, ditunggu lho.. ^_^