21 September 2011

Balai Pemuda Surabaya atau biasa anak-anak muda di Surabaya menyebutnya Bepe kemarin terbakar.

Teman-teman semua pasti kemarin sudah tahu beritanya di layar kaca. Saya sempat nonton beritanya di Liputan 6 Terkini. Awalnya saya nggak percaya ketika membaca status teman yang isinya kurang lebih begini: “Balai Pemuda Kebakaran”.

Saya kira, mereka menulis “Balai Pemuda Kebakaran”, maksudnya adalah Kebakaran dalam kiasan kata. Karena Balai Pemuda ini biasanya digunakan untuk acara kesenian. Jadi mungkin maksud mereka, disana sedang ada acara seni yang banyak pengunjungnya, jadi suasananya seru sampai-sampai rasanya memanas.

Ternyata, beberapa saat kemudian, mereka mulai upload photo via mobile yang isi fotonya adalah gedung kuno yang sedang dilahap si jago merah. Dan memang benar, gedung yang ada dalam foto itu adalah Gedung Balai Pemuda Surabaya.
Foto By. Indah 'Aya' Permata
Foto By. Nadia Maulana

Menurut berita yang ditulis oleh kompas.com, mengatakan bahwa api yang menyebabkan terbakarnya Gedung Balai Pemuda itu berasal dari bangunan bekas wartel yang berada di belakang gedung pertemuan.

Sangat disayangkan ya…
Padahal, Gedung ini termasuk cagar budaya yang menjadi icon kota Surabaya (sumber: kompas.com). Kira-kira kebakaran ini nggak sengaja atau ‘nggak sengaja’??? ahh, semoga nggak terjadi lagi. Amin.

Jadi untuk gedung-gedung cagar budaya yang belum terbakar atau belum rusak. Mari dijaga dengan baik. Setidaknya mereka adalah saksi sejarah Surabaya.

Tagged: , ,

6 comments:

  1. wadow...., ini terbakar atau dibakar..??
    salah satu gedung yg msh tersisa sbg simbul kepahlawanan arek2 suroboyo satu lagi hilang...
    mudah2 bukan diganti dgn Mall atau kantor...

    uh sayang banget...

    ReplyDelete
  2. Wah...
    Udah tau belum, berapa kira2 kerugiannya?

    ReplyDelete
  3. hmmm..saya beberapa kali lewat dan singgah di BePe, sayang sekali bangunan dengan nilai budaya dan historis ludes termakan api..ga hanya kerugian materil tapi juga kerugiaan peradaban... semoga bisa diusut tuntas dan dicarikan solusi sama ibu walikota dan jajarannya

    ReplyDelete
  4. @insan: saya kira nggak deh kalo diganti mall,kan yg terbakar nggak semua. Hanya gedung pameran yang mepet sama SMA 6. Dan saya udah baca berita lagi hari ini,katanya akan direnovasi.

    @kopiah putih: wah,nggak tau kalo kerugiannya..

    @maz todi: iya semoga segera diusut. jadi tau apa yg nyebabkan kebakar. meski g seluruhnya kebakar, hanya gedung pameran, tapi kan sayang juga :D

    ReplyDelete
  5. Sungguh, saya sangat marah, geram rasanya begitu tahu kabar ini. Huh! Saya pengeeeeeen banget mendoakan yang jelek2 buat orang (kalo bener penyebabnya kesalahan manusia) yang jadi penyebab bencana ini.

    Bepe gitu, gedung cagar budayaaaa! >.<'

    ReplyDelete
  6. @kang asop: weits, tenang kang, sabar...
    y moga2 aja kebakaran itu memang karena listrik konslet, jadi g perlu ada pihak yang dituding-tuding ^^
    btw,kok kang asop kya' pnya history gtu ya ama bepe?pernah tinggal di surabaya?

    ReplyDelete

Monggo berkomentar, ditunggu lho.. ^_^