11 August 2011


Blogging adalah kegiatan yang amat mengasikkan, terutama untuk mereka para blogger sejati. Saya, meski bukan blogger sejati, tapi saya sudah melakukan kegiatan ini sejak SMP, sekitar tahun 2000-an. Dan hal ini membuat saya ketagihan. Blogging adalah cara paling mudah untuk menerbitkan tulisan. Tidak perlu penerbit, karena blog merupakan self publishing yang paling anti dengan penolakan. Dan saya suka itu. ^^

Bicara tentang blogger dan blogging. Beberapa hari lalu, saya berkenalan dengan seorang blogger, namanya Budiman As'ady atau biasanya menggunakan nickname DimasAdy. Karena melihat blog saya sunyi sepi tentram sekali, akhirnya dia menyarankan agar saya melakukan sebuah ritual yang bernama Blog Walking. Blog Walking? Blog kok jalan-jalan? Hehe

Untuk yang belum tau tentang Blog Walking, silahkan baca disini.

Saya sudah lama tau tentang istilah BlogWalking dan mengerti apa maksud dari istilah itu. Tetapi kendala saya adalah saya tidak tau harus walking-walking ke mana. Teman-teman saya sedikit yang memiliki blog, atau mungkin saya tidak tau kalau mereka punya blog. Jadilah, saya hanya berkunjung ke blog yang itu-itu saja. Langganan blog yang saya kunjungi adalah milik teman  saya NadiaMaulana dan  Satriyo Niti Atmojo. Tulisan yang mereka post banyak yang menarik, jadi saya rajin baca post mereka berdua. Bermanfaat. Kalau tidak percaya, monggo kunjungi blog mereka.

Kemudian DimasAdy mengenalkan saya pada sebuah grup di facebook yang bernama Bloofers (Blog of Friendship). Saya belum benar-benar tahu, tapi sepertinya Bloofers adalah grup para blogger. Orang-orang di dalamnya asik. Tidak hanya berasal dari satu daerah, tapi bhineka tunggal ika. Mereka berasal dari berbagai penjuru di Indonesia, kemudian dipertemukan lewat Bloofers. Bagi yang penasaran coba deh kunjungi Grup Bloofers di facebook, pasti tidak akan menyesal. Karena selain banyak teman, kita juga akan memiliki banyak referensi tulisan.

Beberapa hari ini, saya mulai melakukan ritual Blog Walking ke sejumlah blog. Dan taukah kalian? Saya mendapatkan banyak hal. Tidak perlu Dewi Lestari, Raditya Dika, Andrea Hirata, atau lainnya untuk mendapatkan tulisan yang spektakuler. Di sini, saya bisa menemukan berjuta tulisan hangat, mengalir, ringan, dan touchy.

Kini saya tau, banyak kawan-kawan blogger yang kreatif dan kaya akan kosakata. Seperti blog milik mbak Nick Salsabiila, AmelUnyu, dan lainnya. Iya, mereka semua Nge-Blog dengan hati. Memang amat penting Nge-Blog dengan hati, karena ada perasaan penulis yang amat lekat menempel di tulisan tersebut. Jadi, siapapun pembacanya, pasti akan mengalir bersama tulisan itu.

Seperti kata NdoroKakung di salah satu bukunya yang bejudul Nge-Blog dengan hati, Tak usah risau dengan berapa banyak pengunjung yang akan datang. Lupakan statistic, jumlah tautan, peringkat technorati, Google Paga Rank, dan aneka alat ukur lainnya. Jika sampean menjadikan blog sebagai sesuatu yang pribadi, maka ekspresi sampean-lah yang lebih penting.”

Yupz, saya setuju. Begitu tak pintarnya saya yang beberapa hari lalu ribut masalah pagerank, karena pagerank blog saya tidak kunjung naik. Padahal, menurut SatriyoNiti Atmojo teman saya sharing masalah beginian, mengatakan bahwa Google Pageran dan traffic pengunjung tidak ada hubungannya. Bagaimana bisa begitu? Tanyakan saja sama dia, biar lebih jelas. Tapi memang tidak bisa dipungkiri, ketika melakukan search dan blog saya berada di halaman pertama Google, saya akan merasa amat senang.Apapun keywordnya. Hehe…

Yang terpenting adalah mari berkarya. Menulis adalah menulis. Meluapkan dan mengekspresikan semua apa yang ada dalam diri.

Keep On Writing!!! ^^

Tagged: , , ,

4 comments:

  1. ayo semangat blog walking... :D

    ReplyDelete
  2. Akhirnya kamu tahu juga istilah blog walking, hehe. Jangan blog sleeping terus..

    ReplyDelete
  3. yeeee, siapa yang blog sleeping? Aku tuw blog dreaming, haha *makin parah**

    ReplyDelete

Monggo berkomentar, ditunggu lho.. ^_^